Halaman Utama

Rabu, 11 November 2015

Kanvas Model Usaha CV. Real Clothes (Perusahaan Fiksi)

Dibuat Untuk: CV. Real Clothes (Perusahaan Fiksi)                 Dibuat oleh: Kelompok 1 (4IA15)



1. Key Partner (Mitra Kunci)

a.       Mitra kunci kami:
·         Bambang Kurniawan   : Direktur
·         Dede Ulung Rahayu     : Project Manager
·         Dimas Bayu Putra         : Desainer
·         Herru Kurnia Bhakti     : Pemasaran
·         Muhamad Zulfikar        : Gudang
·         Panji Nur Imanto           : Programmer
b.      Pemasok kami:
CV. Distro Tanah Abang
c.       Bahan yang didapat dari Pemasok kami:
Baju
d.      Aktivitas yang dilakukan mitra kami:
·         Direktur                 : mengatur perusahaan (CV. Real Clothes)
·         Project Manager    : mengelola project
·         Desainer                : membuat desain pada baju
·         Pemasaran             : menjual, mendistribusikan produk ke pelanggan
·         Gudang                  : megelola stok baju
·         Programmer           : membuat aplikasi teknologi AR

2. Key Activities (Kegiatan Utama)

a.    Project Manager mengusulkan proposal project pembuatan baju dengan menerapkan AR kepada Direktur.
b.   Direktur berhak penuh menyetujui/menolak project. Jika disetujui, maka
c. Gudang meminta sejumlah baju kepada pemasok berdasarkan proposal dari Project Manager yang telah disetujui oleh Direktur.
d.  Desainer mendesain baju sedemikian rupa berdasarkan proposal Project Manager. Selanjutnya
e.   Programmer membuat software AR(Augmented Reality) untuk smartphone yang akan diimplementasikan pada baju yang telah didesain oleh desainer. Langkah terakhir,
f.      Pemasaran bertanggungjawab  dalam penjualan produk (Baju dan Software AR yang telah dibuat desainer dan programmer) sekaligus distributor kepada pelanggan.

3. Key Resource (Sumber Daya Kunci)

a.  Sumber Daya Manusia : Direktur, Project Manager, Desainer, Pemasaran, Gudang, Programmer.
b.      Sumber Bahan : CV. Distro Tanah Abang (Baju Polos)

4. Value Proposition (Masalah Nilai/Kualitas)

a.      Hal yang dikirim ke pelanggan : baju berteknologi AR dengan jumlah pemesanan minimal 1 lusin.
b.      Keluhan pelanggan yang dapat kami tangani : pengiriman tepat waktu, kualitas asli (original), jaminan uang kembali jika produk tidak sesuai permintaan pelanggan.
c.       Batasan produk : hanya menyediakan baju-baju berbahan kaos (cotton-combed) berteknologi AR berdasarkan proposal dari Project Manager. Bukan jaket, jas, kemeja, gaun, dan lain-lain.
d.      Jangkauan wilayah : JABODETABEK.
e.      Jaminan kami kepada pelanggan : pelayanan 1 x 24 jam, bahan 100% cotton-combed, desain baju yang bagus, dan Software AR yang memanjakan pelanggan.

5. Customer Relationship (Hubungan dengan pelanggan)

Hubungan/komunikasi dengan pelanggan dapat dilakukan melalui email, facebook, twitter, BBM, dan nomor telepon perusahaan.

6. Channels (Saluran)

a.       Penjualan langsung : pelanggan langsung datang/menelpon ke perusahaan kami.
b.      Penjualan Online : facebook page, twitter, BBM.

7. Customer Segments (Pembagian Pelanggan)

Distro-distro baju, event-event teknologi, organisasi mahasiswa, acara kantor, perusahaan tour & travel.

8. Cost Structure (Struktur Biaya)

Biaya untuk bahan baju dari CV. Distro Tanah Abang untuk kebutuhan produksi, biaya penggajian mitra kerja CV. Real Clothes melalui perjanjian bersama yang disepakati di dalam proposal yang dibuat oleh Project Manager.

9. Revenue Streams (Aliran Pendapatan)

Aliran pendapatan dari laba penjualan produk kami, CV. Real Clothes.


Mata Kuliah: Pengantar Bisnis Informatika #
Kelas: 4IA15
Kelompok:
Bambang Kurniawan (51412362)
Dede Ulung Rahayu (51412784)
Dimas Bayu Putra (52412119)
Herru Kurnia (53412441)
Muhamad Zulfikar (54412833)
Panji Nur Imanto (55412643)

Tidak ada komentar: