Halaman Utama

Sabtu, 19 April 2014

Definisi Web Science dan Sejarahnya


  1. Web Science
Web Science terbentuk dari dua kata, yaitu Web dan Science. Web dalam bahasa inggris adalah jaringan, namun Web disini berarti Website alias situs yang artinya kumpulan halaman berisi informasi teks, gambar, animasi, suara hingga video yang saling terhubung dengan jejaring (hyperlink).
                Science dalam bahasa inggris berarti ilmu pengetahuan yang bersumber, dapat dipakai atau diterapkan sehingga akan memberikan manfaat di dalam kehidupan sehari-hari.
                Web Science berarti ilmu yang mempelajari bagaimana manusia menggunakan website untuk kepentingan pendidikan, untuk menambah wawasan atau sekadar memenuhi kebutuhan akan informasi.



  1. Sejarah Web
Web/Website awalnya ditemukan oleh Sir Timothy John “Tim” Berners – Lee. Tahun 1991 Website pertama kali tersambung jaringan. World Wide Web (WWW) mulai digunakan secara gratis oleh semua orang, diumumkan oleh CERN (Kantor Tim) tanggal 30 April 1993. Setiap Website memiliki hyperlink agar terhubung dengan Website lain. Website dibuat menggunakan kode-kode HTML (Hyper Text Markup Language) yang mampu diakses melalui Web Browser/HTTP Client (pengguna), sedangkan Web Server /HTTP Server adalah penyedia informasi Website yang biasanya Software Apache untuk merespon permintaan HTTP Client (pengguna).

  1. Sejarah Singkat Pre Web : Memex, Hypertext, Internet, Usenet, FTP dan Gopher
a.       Memex

Memex merupakan 2 kata dalam bahasa inggris yang disingkat dari “Memory” And “Index” yang merupakan nama dari hipotesis system proto-hypertext yang dijelaskan Vannevar Bush di The Atlantic Monthly dalam artikel “As We May Think” tahun 1945. Beliau membayangkan memex sebagai perangkat dimana individu dapat mengompres dan menyimpan semua buku, catatan, dan komunikasi mereka agar dapat berkonsultasi melebihi kecepatan dan fleksibilitas. Konsep memex memengaruhi perkembangan awal hypertext hingga penciptaan World Wide Web (WWW).

b.      Hypertext


Hypertext merupakan teks yang ditampilkan pada perangkat elektronik dengan referensi hyperlink ke teks lain. Hypertext juga mampu menampilkan grafik, tabel, gambar dan bentuk lainnya seperti file presentasi dengan menggunakan hyperlink. Implementasi pertama dari Hypertext adalah World Wide Web yaitu pada tahun 1992. Hypertext merupakan struktur dari World Wide Web yang memungkinkan terjadinya koneksi yang luwes dan sederhana untuk berbagi informasi di internet.



c.       Internet


        Internet merupakan sebuah singkatan yang berasal dari bahasa inggris yaitu “Interconnected Network” yang dalam bahasa Indonesia berarti “Jaringan yang Saling Terhubung”. Maksudnya adalah dimana setiap komputer di dunia saling terhubung melalui jaringan seperti media telepon/satelit sehingga penggunanya dapat berinteraksi atau berbagi sumber daya seperti berita, informasi, musik, gambar, video dan lain-lain.



d.      Usenet

     “Use” berarti “menggunakan” dan “Net” berarti “Jaringan” sehingga Usenet adalah bagaimana cara kita dalam menggunakan internet. Ketika menggunakan internet, biasanya orang-orang mengawalinya dengan mengetik WWW (World Wide Web) kemudian diikuti dengan alamat yang dituju. WWW adalah sistem pencarian sebuah situs. Untuk melakukan pencarian biasanya kita memerlukan mesin pencari (search engine) seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan sejenisnya. Implementasi sederhana Usenet misalnya seperti bagaimana cara kita membuka sebuah jejaring sosial seperti facebook yaitu dengan mengetik www.facebook.com pada address bar di search engine yang sedang kita gunakan. Saat menggunakan internet ada 2 bagian yang biasa kita akses, yaitu Media Streaming untuk akses realtime (waktu nyata), misalnya saat membuka facebook kita menggunakan web cam untuk video calling dan File Sharing untuk mentransfer data seperti saat kita melampirkan (upload) file materi presentasi dari dosen di grup facebook kelas sehingga member di grup dapat mengunduh filenya untuk bahan belajar.

e.      FTP

        FTP merupakan singkatan dari “File Transfer Protocol”. FTP adalah jaringan standar untuk mentransfer file antar host melalui jaringan berbasis TCP, seperti internet. FTP mampu mengendalikan sambungan data antara server dengan client. Dengan FTP, user dapat melakukan otentifikasi terhadap servernya dengan memberlakukan sign-in dengan username serta password yang dapat disembunyikan (Enskripsi) sehingga transmisi data dapat dilakukan dengan aman. FTP memiliki 2 mode koneksi, yaitu mode aktif dan pasif. Mode aktif maksudnya klien membuat koneksi kontrol TCP ke server dan mengirimkan server alamat IP klien dan jumlah klien port dan kemudian menunggu sampai server memulai koneksi data melalui TCP ke alamat IP client dan nomor client port. Dalam mode ini, klien menggunakan koneksi kontrol untuk mengirim perintah PASV ke server selanjutnya menerima alamat IP server serta nomor port server dari server klien yang kemudian digunakan untuk membuka koneksi data dari port klien untuk alamat IP server dan nomor port server menerima. Kedua mode yang diperbarui pada bulan September 1998 untuk mendukung IPv6.

f.        Gopher

                Gopher merupakan protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk menyebarkan, mencari dan mengambil dokumen melalui Internet. Awalnya protokol Gopher disajikan sebagai alternatif World Wide Web, namun hal itu kurang berhasil, sebab sejak tahun 1991 Gopher hanya berorientasi pada file berbasis teks. Padahal, dalam dunia internet user tidak selalu memerlukan dokumen untuk kepentingannya, tetapi gambar, musik, video (multimedia) juga menjadi pertimbangan user dalam menentukan keputusan dalam mengambil, mencari atau menyebarkan sesuatu di internet.








  1. Jenis-jenis Web : Web 1.0, Web 2.0, dan Web 3.0

a.       Web 1.0

Merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Contoh Search Engine (Mesin Pencari) yang menerapkan web 1.0 pada awal perkembangannya adalah lycos, infoseek, dll. ciri khas web 1.0 adalah memerlukan kategori untuk melakukan pencarian, dimana interaksi hanya terjadi 1 arah antara user dengan internet.



b.      Web 2.0



Web 2.0 pertama kali diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut”.
Contoh Search Engine dari web 2.0 adalah google, yahoo, dll. Ciri khasnya adalah interaksi 2 arah.

c.       Web 3.0

definisi untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun, menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents). Semantic web menggunakan interaksi 3 arah.

5. Dampak Internet terhadap Pertumbuhan Sosial dan Ekomomi


Perkembangan internet yang semakin cepat menimbulkan dampak terhadap pertumbuhan sosial dan ekonomi di dunia. Berikut adalah beberapa dampak positif dan negatif dari perkembangan internet terhadap pertumbuhan sosial dan ekonomi.




a. Dampak Positif

Dampak positif internet terhadap pertumbuhan sosial adalah meningkatnya pengguna jejaring sosial media seperti facebook, twitter dan sejenisnya sehingga kita bebas berteman dengan siapa saja, bebas berbagi informasi kepada orang lain, dapat menyebarkan karya, produk, dan jasa kita melalui internet. Akibatnya, hal ini mulai dilirik sebagai peluang usaha atau bisnis. Degan hal tersebut, muncul lah berbagai macam bisnis lokal yang menerapkan internet sebagai media pemasaran atau jual-beli online. Dengan hal tersebut, kita bisa memilih produk yang ingin kita beli sehingga bisnis online sudah pasti sangat menguntungkan bagi para pelakunya yang mengakibatkan meningkatnya pertumbuhan ekonomi lokal.

b. Dampak Negatif

Dampak negatif internet terhadap pertumbuhan sosial adalah bagi para pecandu jejaring sosial. Terlalu sibuk dengan dunia maya tidak baik untuk kesehatan serta hubungan sosial. Terus-menerus fokus dengan monitor atau gadget dapat merusak mata. Manusia perlu berinteraksi secara langsung, bukan dari layar monitor atau gadgetnya. Hal ini dapat merubah perilaku manusia yang extrovert menjadi introvert. Tidak hanya itu, kerap terjadi penculikkan. Tidak semua orang di dunia maya menggunakan nama atau alamat asli mereka. Tidak sedikit orang jahat yang bisa saja memantau profil kita di dalam dunia maya. Jadi berhati-hati lah ketika memilih teman di dunia maya. Dalam dunia bisnis online tidak cukup aman, sebab kerap terjadi penipuan di beberapa situs yang menawarkan produknya dengan transaksi elektronik yang dilakukan oleh beberapa oknum. Jadi berhati-hati lah dalam berbelanja online. Disamping kita tidak melihat produknya secara langsung, kita juga tidak tahu apakah produk yang dijual benar-benar ada. Jadi berhati-hati lah dalam memilih situs untuk berbelanja online.

6. Metodologi Web Science



Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.





---------------------------------- selesai -------------------------------------
Kelompok:

+ Adityo Arno (50412257)
+ Bambang Kurniawan (51412362)
+ Dede Ulung Rahayu (51412784)
+ Dimas Bayu Putra (52412119)
+ Herru Kurnia Bakti (53412441)
+ Musa Al Kazhim (55412162)

Kelas : 2IA15
------------------------------------------------------------------------------

Referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Memex
http://temukanpengertian.blogspot.com/2013/06/pengertian-hypertext.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Internet
http://id.wikipedia.org/wiki/Html
http://id.wikipedia.org/wiki/Usenet
http://id.wikipedia.org/wiki/Gopher
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman_web
http://dailyhilman.blogspot.com/2013/03/web-science-metodologinya.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Web_science
http://inikaryaanakbangsa.blogspot.com/2010/02/tugas-1-definisi-web-sejarah-webmacam.html  
http://jhens-fernando.blogspot.com/2011/11/kali-ini-saya-akan-membahas-tentang.html
http://imeldasiahaan-mpr.blogspot.com/2009/11/dampak-internet-terhadap-perekonomian.html
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/dd/Media_sosial.png
http://www.voucher-pulsa.net/gbrartikel/GoogleEkonomiIndonesia.gif
http://tryharyanto.blogspot.com/2013/05/pengantar-web-science-tugas-1.html
http://multimedia.journalism.berkeley.edu/media/upload/tutorials/icons/large/ftp_made_simple-main.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEib21djhaAtxrKdoS1yQRmVdQUdd0MZwwecCnfLa-VDL0_khzolX495tCAiXnGMqGmwk73eI4BPd677Ljo2KLhFyzAXtVlsk0bbxnB1oa3I_3RgSWUDc17_HMbnvEo4-MipxI9ObEyB_4YL/s1600/WEB.jpg

Tidak ada komentar: