- Web Science
Web
Science terbentuk dari
dua kata, yaitu Web dan Science. Web dalam bahasa inggris adalah jaringan, namun Web disini berarti
Website alias situs yang artinya kumpulan halaman berisi informasi teks,
gambar, animasi, suara hingga video yang saling terhubung dengan jejaring
(hyperlink).
Science dalam bahasa inggris berarti
ilmu pengetahuan yang bersumber, dapat dipakai atau diterapkan sehingga akan
memberikan manfaat di dalam kehidupan sehari-hari.
Web Science berarti ilmu yang
mempelajari bagaimana manusia menggunakan website untuk kepentingan pendidikan,
untuk menambah wawasan atau sekadar memenuhi kebutuhan akan informasi.
- Sejarah Web
Web/Website awalnya ditemukan oleh Sir Timothy John “Tim” Berners – Lee.
Tahun 1991 Website pertama kali
tersambung jaringan. World Wide Web
(WWW) mulai digunakan secara gratis oleh semua orang, diumumkan oleh CERN (Kantor Tim) tanggal 30 April 1993. Setiap Website memiliki hyperlink agar terhubung dengan Website
lain. Website dibuat menggunakan kode-kode HTML
(Hyper Text Markup Language) yang mampu diakses melalui Web Browser/HTTP Client (pengguna),
sedangkan Web Server /HTTP Server
adalah penyedia informasi Website yang biasanya Software Apache untuk merespon permintaan HTTP Client (pengguna).
- Sejarah Singkat Pre Web : Memex, Hypertext, Internet, Usenet, FTP
dan Gopher
a.
Memex
Memex merupakan 2 kata dalam bahasa inggris
yang disingkat dari “Memory” And “Index”
yang merupakan nama dari hipotesis system proto-hypertext yang dijelaskan Vannevar Bush di The Atlantic Monthly
dalam artikel “As We May Think”
tahun 1945. Beliau membayangkan
memex sebagai perangkat dimana individu dapat mengompres dan menyimpan semua
buku, catatan, dan komunikasi mereka agar dapat berkonsultasi melebihi
kecepatan dan fleksibilitas. Konsep memex
memengaruhi perkembangan awal hypertext hingga
penciptaan World Wide Web (WWW).
b. Hypertext
Hypertext merupakan
teks yang ditampilkan pada perangkat elektronik dengan referensi hyperlink ke teks lain. Hypertext juga mampu menampilkan
grafik, tabel, gambar dan bentuk lainnya seperti file presentasi dengan
menggunakan hyperlink. Implementasi
pertama dari Hypertext adalah World Wide
Web yaitu pada tahun 1992. Hypertext merupakan struktur dari World Wide Web yang memungkinkan
terjadinya koneksi yang luwes dan sederhana untuk berbagi informasi di
internet.
c. Internet
Internet merupakan sebuah singkatan
yang berasal dari bahasa inggris yaitu “Interconnected
Network” yang dalam bahasa Indonesia berarti “Jaringan yang Saling Terhubung”. Maksudnya adalah dimana setiap
komputer di dunia saling terhubung melalui jaringan seperti media
telepon/satelit sehingga penggunanya dapat berinteraksi atau berbagi sumber
daya seperti berita, informasi, musik, gambar, video dan lain-lain.
d. Usenet
“Use”
berarti “menggunakan” dan “Net” berarti “Jaringan” sehingga Usenet adalah
bagaimana cara kita dalam menggunakan internet. Ketika menggunakan internet,
biasanya orang-orang mengawalinya dengan mengetik WWW (World Wide Web) kemudian
diikuti dengan alamat yang dituju. WWW adalah sistem pencarian sebuah situs.
Untuk melakukan pencarian biasanya kita memerlukan mesin pencari (search
engine) seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan sejenisnya. Implementasi
sederhana Usenet misalnya seperti bagaimana cara kita membuka sebuah jejaring
sosial seperti facebook yaitu dengan mengetik www.facebook.com
pada address bar di search engine yang sedang kita gunakan. Saat menggunakan
internet ada 2 bagian yang biasa kita akses, yaitu Media Streaming untuk akses
realtime (waktu nyata), misalnya saat membuka facebook kita menggunakan web cam
untuk video calling dan File Sharing untuk mentransfer data seperti saat kita
melampirkan (upload) file materi presentasi dari dosen di grup facebook kelas
sehingga member di grup dapat mengunduh filenya untuk bahan belajar.
e. FTP
FTP merupakan singkatan dari “File Transfer Protocol”. FTP adalah jaringan standar untuk
mentransfer file antar host melalui jaringan berbasis TCP, seperti internet. FTP
mampu mengendalikan sambungan data antara server dengan client. Dengan FTP, user dapat melakukan otentifikasi
terhadap servernya dengan memberlakukan sign-in dengan username serta password
yang dapat disembunyikan (Enskripsi)
sehingga transmisi data dapat dilakukan dengan aman. FTP memiliki 2 mode koneksi, yaitu mode aktif dan pasif. Mode aktif
maksudnya klien membuat koneksi kontrol TCP ke server dan mengirimkan server
alamat IP klien dan jumlah klien
port dan kemudian menunggu sampai server memulai koneksi data melalui TCP ke alamat IP client dan nomor client port. Dalam mode ini, klien menggunakan
koneksi kontrol untuk mengirim perintah PASV
ke server selanjutnya menerima alamat IP
server serta nomor port server dari server klien yang kemudian digunakan untuk
membuka koneksi data dari port klien untuk alamat IP server dan nomor port server menerima. Kedua mode yang
diperbarui pada bulan September 1998
untuk mendukung IPv6.
f.
Gopher
Gopher merupakan protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk menyebarkan, mencari dan mengambil dokumen
melalui Internet. Awalnya protokol Gopher
disajikan sebagai alternatif World Wide
Web, namun hal itu kurang berhasil, sebab sejak tahun 1991 Gopher hanya
berorientasi pada file berbasis teks. Padahal, dalam dunia internet user tidak selalu
memerlukan dokumen untuk kepentingannya, tetapi gambar, musik, video (multimedia) juga menjadi pertimbangan
user dalam menentukan keputusan dalam mengambil, mencari atau menyebarkan
sesuatu di internet.
- Jenis-jenis Web : Web 1.0, Web 2.0, dan Web 3.0
a.
Web 1.0
Merupakan teknologi Web
generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah
mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang
dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan
informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Contoh Search Engine (Mesin Pencari) yang menerapkan web 1.0 pada awal perkembangannya adalah lycos, infoseek, dll. ciri khas web 1.0 adalah memerlukan kategori untuk melakukan pencarian, dimana interaksi hanya terjadi 1 arah antara user dengan internet.
b.
Web 2.0
Web 2.0 pertama kali
diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web
generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara
online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web
2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan
internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami
berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut”.
Contoh Search Engine dari web 2.0 adalah google, yahoo, dll. Ciri khasnya adalah interaksi 2 arah.
c.
Web 3.0
definisi untuk Web 3.0 sangat
beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan
Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun, menurut John
Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang
efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data
online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya
Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web
yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti
manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan
digunakan oleh perangkat lunak (software agents). Semantic web menggunakan interaksi 3 arah.
5. Dampak Internet terhadap Pertumbuhan Sosial dan Ekomomi
Perkembangan internet yang semakin cepat menimbulkan dampak terhadap pertumbuhan sosial dan ekonomi di dunia. Berikut adalah beberapa dampak positif dan negatif dari perkembangan internet terhadap pertumbuhan sosial dan ekonomi.
a. Dampak Positif
Dampak positif internet terhadap pertumbuhan sosial adalah meningkatnya pengguna jejaring sosial media seperti facebook, twitter dan sejenisnya sehingga kita bebas berteman dengan siapa saja, bebas berbagi informasi kepada orang lain, dapat menyebarkan karya, produk, dan jasa kita melalui internet. Akibatnya, hal ini mulai dilirik sebagai peluang usaha atau bisnis. Degan hal tersebut, muncul lah berbagai macam bisnis lokal yang menerapkan internet sebagai media pemasaran atau jual-beli online. Dengan hal tersebut, kita bisa memilih produk yang ingin kita beli sehingga bisnis online sudah pasti sangat menguntungkan bagi para pelakunya yang mengakibatkan meningkatnya pertumbuhan ekonomi lokal.
b. Dampak Negatif
Dampak negatif internet terhadap pertumbuhan sosial adalah bagi para pecandu jejaring sosial. Terlalu sibuk dengan dunia maya tidak baik untuk kesehatan serta hubungan sosial. Terus-menerus fokus dengan monitor atau gadget dapat merusak mata. Manusia perlu berinteraksi secara langsung, bukan dari layar monitor atau gadgetnya. Hal ini dapat merubah perilaku manusia yang extrovert menjadi introvert. Tidak hanya itu, kerap terjadi penculikkan. Tidak semua orang di dunia maya menggunakan nama atau alamat asli mereka. Tidak sedikit orang jahat yang bisa saja memantau profil kita di dalam dunia maya. Jadi berhati-hati lah ketika memilih teman di dunia maya. Dalam dunia bisnis online tidak cukup aman, sebab kerap terjadi penipuan di beberapa situs yang menawarkan produknya dengan transaksi elektronik yang dilakukan oleh beberapa oknum. Jadi berhati-hati lah dalam berbelanja online. Disamping kita tidak melihat produknya secara langsung, kita juga tidak tahu apakah produk yang dijual benar-benar ada. Jadi berhati-hati lah dalam memilih situs untuk berbelanja online.
6. Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah
bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini
melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap
Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi
apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan
pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web
dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan
riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan
perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang
mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi
probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan
yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
---------------------------------- selesai -------------------------------------
Kelompok:
+ Adityo Arno (50412257)
+ Bambang Kurniawan (51412362)
+ Dede Ulung Rahayu (51412784)
+ Dimas Bayu Putra (52412119)
+ Herru Kurnia Bakti (53412441)
+ Musa Al Kazhim (55412162)
Kelas : 2IA15
------------------------------------------------------------------------------
Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Memex
http://temukanpengertian.blogspot.com/2013/06/pengertian-hypertext.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Internet
http://id.wikipedia.org/wiki/Html
http://id.wikipedia.org/wiki/Usenet
http://id.wikipedia.org/wiki/Gopher
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman_web
http://dailyhilman.blogspot.com/2013/03/web-science-metodologinya.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Web_science
http://inikaryaanakbangsa.blogspot.com/2010/02/tugas-1-definisi-web-sejarah-webmacam.html
http://jhens-fernando.blogspot.com/2011/11/kali-ini-saya-akan-membahas-tentang.html
http://imeldasiahaan-mpr.blogspot.com/2009/11/dampak-internet-terhadap-perekonomian.html
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/dd/Media_sosial.png
http://www.voucher-pulsa.net/gbrartikel/GoogleEkonomiIndonesia.gif
http://tryharyanto.blogspot.com/2013/05/pengantar-web-science-tugas-1.html
http://multimedia.journalism.berkeley.edu/media/upload/tutorials/icons/large/ftp_made_simple-main.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEib21djhaAtxrKdoS1yQRmVdQUdd0MZwwecCnfLa-VDL0_khzolX495tCAiXnGMqGmwk73eI4BPd677Ljo2KLhFyzAXtVlsk0bbxnB1oa3I_3RgSWUDc17_HMbnvEo4-MipxI9ObEyB_4YL/s1600/WEB.jpg
Tidak ada komentar:
Posting Komentar